Kamis, 06 Oktober 2011

Resume Pertemuan 1

Sistem pakar adalah sebuah program komputer yang mencoba meniru atau mensimulasikan pengetahuan dan keterampilan dari seorang pakar pada area tertentu. Selanjutnya sistem ini akan mencoba memecahkan suatu permasalahan sesuai dengan kepakarannya.

Sistem pakar merupakan salah satu palikasi dari kecerdasan buatan (Afficial Intelligence). Afficial Intelligence sendiri berakar dari keinginan manusia untuk membuat sebuah mesin cerdas.

Sebuah sistem pakar membutuhkan pengetahuan, beberapa pengertian daari pemakaian dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan seseorang pemakai.

Secara umum struktur sebuah sistem pakar terdiri atas 3 komponen utama, yaitu: knowledge base, working memory, dan inference engine.

Sistem berbasis aturan (Knowledge Base System) merupakan sebuah program yang menggunakan aturan IF-THEN. Konsep dari sebuah Knowledge Base System ditekankan untuk menggandeng pemikiran dari sebuah program yang dari beberapa cara menangani pengetahuan atau menempatkannya agak berbeda dalam manipulasi informasi berkuallitas tinggi dalam sebuah hal yang relatif canggih (dan berguna). Hal menjadi lebih jelas bila kita mempertimbangkan jalan dimana kategori atau kelas dari informasi berbeda dapat diatur dalam sebuah hierarki. Kita mulai dari dasar dengan level serendah mungkin, bahasa dengan satu atau nol. Dimana komputer sesungguhnya mengerjakan manipulasi internal mereka. Representasi level rendah ini tidak menarik secara langsung bagi pemakai.

Working memory menyimpan memori tentang fakta-fakta yang dimasukkan oleh user atau fakta baru hasil kesimpulan dari sistem

Inference Engine bertugas mencari padanan antara fakta yang ada didalam working memory dengan fakta-fakta tentang domain knowledge tertentu yang ada didalam knowledge base, selanjutnya inference engine akan menarik atau mengambil kesimpulan dari problem yang diajukan kedalam sistem.


Sumber:
Hart, Anna. SISTEM PAKAR (sebuah perkenalan untuk menajer). Jakarta: Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar